Umum

Forum Mubaligh Nagari Pauh IX Gelar MTQ Antar Tapian

170
×

Forum Mubaligh Nagari Pauh IX Gelar MTQ Antar Tapian

Sebarkan artikel ini
PEMBUKAAN--Pembukaan MTQ Nagari Pauh IX dihadiri anggota DPRD Sumbar Evi Yandri Rj Budiman.
SAMBUTAN–Ketua Forum Mubaligh Syafril Kaidir berikan kata sambutan.

PADANG-Forum Komunikasi Mubaligh Nagari Pauh IX (FKMNP IX) gelar MTQ yang ke – 1 antar Tapian se-Kanagarian Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang Sumbar. Kegiatan MTQ ini dalam memeriahkan 1 Muhharam tahun baru Hijriyah 1441 Hijriyah di Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kuranji, 12-14 September.
“Kegiatan MTQ antar Tapian di Kanagarian Pauh IX ini dalam mewujudkan anak nagari sesuai filosufi adat Minangkabau, basandi syarak – syarak basandi Kitabullah (ABS – SBK),” ujar Ketua FKMNP Pauh IX Kuranji Drs Syafril Kaidir, kemarin.
Dikatakan Syafril Kaidir, keberadaan FKMNP IX ini sudah berjalan selama dua tahun dalam mewarnai organisasi nagari di Nagari Pauh IX ini. Dan selama ini fotum ikut meramaikan berbagai kegiatan dalam nagari seperti majelis taklim, basurah adat, subuh mubarakah dan kegiatan kerelijiusan lainnya.
Semua ini tidak terlepas untuk membina anak kemanakan dalam nagari, agar seiring nilai nilai agama dan adat. Tentu hal ini sesuai filosufi Rang Minangkabau yang mengusung ABS SBK, dalam mendukung program pemerintah dalam mewujudkan generasi berkarakter. Juga agar anak nagari tidak tercerabut dari nilai-nilai adat dan agama. Sehingga dengan sendirinya makin syiarnya agama Islam di Pauh IX dan lestarinya nilai nilai adat di kalangan generasi muda.
Kemudian, panitia sengaja menyediakan hadiah utamanya seekor kambing. Kenapa kambing, ada beberapa maksud dan tujuan hadiah kambing ini. Karena selain bisa dikembangkan, juga bisa disembelih untuk meningkatkan silaturahmi. Sebab, jika dipotong lalu makan bersama. Sedangkan, peserta dari MTQ ini terdiri dari tapian nan sambilan di Pauh IX yang meliputi unsur ninik mamak, bundo kandang, puti reno dan parik laga nagari.
Ketua FKAN Pauh IX Kuranji Evi Yandri Rajo Budiman mengapresiasi, kegiatan yang bernuansa relijius ini. Agar dengan kegiatan bisa meramaikan nagari dan membina anak kemenakan di sisi nilai-nilai agamanya. “Memang di medan nan bapaneh ini sengaja dipusatkan untuk kegiatan anak nagari baik olahraga maupun kegiatan keagamaan,” ujar Evi, yang juga anggota DPRD Sumbar.
Dikatakan Evi, Medan nan bapaneh ini terdapat berbagai kegiatan, seperti, bola voli, doyo karate, wushu, SSB dan sepak rago yang semuanya memakai embel embel nama Pauh IX. Mudah mudahan dengan aktifnya bebegai kegiatan ini akan meramaikan nagari Pauh IX.
Semua ini tidak terlepas membangkitkan kembali potensi nilai agama, nilai-nilai adat dan kearifan lokal serta permainan anak nagari di Medan Bapaneh. Bahkan, sudah dilengkapi dengan pusat perekonomian nagari seperti Los Lambuang alias pusat kuliner Nagari Pauh IX. Semua ini bertujuan untuk meningkatkan berbagai kegiatan di nagari, baik fisik maupun non fisik kelak.
Kemudian, kegiatan yang dilaksanakan di nagari ini meningkatkan silaturahmi antar anak nagari, sehingga mereka mengetahui nilai-nilai yang ada di nagari mereka. Kemudian mereka memahami tantangan yang akan dihadapi anak nagari kelak.(rjk)

BACA JUGA  Usai Dilantik, PCNU Bukittinggi Langsung Rumuskan Program Dengan Muskercab

Comment