Kota Padang

Festival Muara Padang Mengenang Kejayaan Batang Arau Masa Lalu

116
×

Festival Muara Padang Mengenang Kejayaan Batang Arau Masa Lalu

Sebarkan artikel ini
filter: 0; jpegRotation: 0; fileterIntensity: 0.000000; filterMask: 0; module:1facing:0; hw-remosaic: 0; touch: (0.45348838, 0.45348838); modeInfo: ; sceneMode: Night; cct_value: 0; AI_Scene: (6, -1); aec_lux: 0.0; hist255: 0.0; hist252~255: 0.0; hist0~15: 0.0;

PADANG – Pasca Lebaran 1445 H, Pemko Padang helat Festival Muara Padang dengan menampilkan Festival Rakyat Tempo Doeloe. Kegiatan ini menampilkan kehidupan warga kota di sepanjang bantaran Sungai Batang Arau tempo doeloe.

Pembukaan Festival Muaro Padang 2024 berlangsung meriah, sehingga diserbu masyarakat kota maupun wisatawan domestik tampak antusias menyaksikan pesta rakyat yang dipusatkan di kawasan Jembatan Siti Nurbaya Padang Selatan.

Penampilan acara Fhasion Show Tempo Doeloe

Pembukaan Festival Muaro Padang dibuka sekitar pukul 16:00. WIB, yang ditabuh Gubernur Sumbar didampingi
Wali Kota Padang Hendri Septa dan Wakil Wali Kota Ekos Albar hadir dan membuka secara resmi event yang masuk dalam kalender wisata Kota Padang tersebut.

BACA JUGA  Wako Hendri Septa: Mari Bersama Kita Wujudkan Target Vaksinasi 70 Persen

Wali Kota Hendri Septa mengatakan, Festival Rakyat Tempo Doeloe ini merupakan semangat bagi generasi muda untuk mengenal dan melestarikan potensi serta sejarah Kota Padang, khususnya Sungai Batang Arau.

“Festival ini menjadi pengingat agar kita ikut menjaga kekayaan Sungai Batang Arau dan kawasan Muaro yang merupakan pusat perekonomian dan perdagangan di masa Belanda,” jelas Hendri.

Ia menambahkan, kekayaan peradaban ini harus dijaga dengan baik dan sekaligus membangun kesadaran untuk mencintai sejarah.
“Melalui event ini mari kita jadikan sebagai milik warga Kota Padang yang mempunyai berbagai etnis dan keberagaman yang hidup saling berdampingan dengan drmri, inilah yang patut kita apresiasi,” imbuhnya.

Ketua Panitia, Edi Hasymi, mengungkapkan, dengan mengulangi kesuksesan tahun lalu, tahun ini festival ini akan menghadirkan lebih banyak acara yang menarik. Mengusung tema ‘Tempo Doeloe’, festival ini bertujuan untuk mengenang masa kejayaan Batang Arau di Kota Padang di era tempo doeloe-nya.

BACA JUGA  Festival Muaro Padang Ditutup, Hendri Septa: Diperkirakan Uang Beredar Puluhan Miliar

“Banyak kegiatan yang menarik yang bisa disaksikan warga Kota, seperti fashion show jadul, karnaval budaya multi etnis, lomba menggambar, Selaju Sampan, Urang Padang Bagamad, penampilan band, peluncuran buku Batang Arau, pameran foto, UMKM, dan Ekraf,” jelas Edi Hasymi, yang juga Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setko Padang.

Comment