Pendidikan

Stadion KAA Gent Lahirkan Pemain Dunia, Romelu Lukaku, Thibaut Courtios dan Kevin De Bruyne

489
×

Stadion KAA Gent Lahirkan Pemain Dunia, Romelu Lukaku, Thibaut Courtios dan Kevin De Bruyne

Sebarkan artikel ini

Catatan Perjalanan Prof Syahrial Bakhtiar ke Amsterdam Belanda dan Ghent Belgia (6)

UNIVERSITY  Ghent Belgia sebagai tuan rumah tempat pertemuan pakar identifikasi bakat  olahraga, yang dilaksanakan di Ghent University,  8-9 April 2024.

Nama Universitas ini diambil dari nama kota dimana perguruan tinggi ini berada, sama juga dengan Universitas Negeri Padang (UNP), yang kita banggakan di Sumbar.

Kota Ghent, Gent, merupakan kotamadya (kabupaten dan kota) yang terletak dikawasan Flanders, kawasan Belgia Utara, yang masyarakatnya berbahasa Flams. Yang dekat dengan budaya Belanda, menjadi bagian dari Provinsi Flandria Timur, Belgia. Dari tahun 1.000 sampai sekitar 1550 Ghent adalah salah satu kota yang paling penting di Eropah. Menurut sejarahnya lebih Beşar dari London, nomor dua ter Beşar setelah Paris. Saat ini kota ini merupakan Kota Pelabuhan dan Universitas, karena di kota ini terdapat delapan perguruan tinggi. Kota ini merupakan kota kedua terbeşar di Belgia berdasarkan jumlah penduduk lebih kurang 238.000. Ghent berjarak 40 kilometer dari Brussels, Ibu kota Belgia. Hanya sekitar 30 menit perjalanan dengan kereta.

BACA JUGA  Muhadharah Cetak Siswa Hebat, Isrizal  Motivasi Siswa MTsN 1 Padang
Syahrial Bakhtiar saat berada di Stadion KAA Gent Belgia

Ghent, memiliki keindahan tersembunyi yang ada di Belgia. Karena turis yang ke Eropah hanya sekadar mampir di Brusels. Berada di Gent, sewaktu berjalan di kota kita seperti dibawa ke Abad pertengahan. Kota ini sangat tua, peradabanya Sudah dimulai Abad keenam. Gaya arsitektur Abad pertengahan menjadi magnet sudut-şudut Kota Ghent. Kota ini dipenuhi bangunan- bangunan pertahanan seperti kastıl dan benteng- benteng dan bangunan yang indah dan kuat. Dari begitu banyak bangunan Indah dan bersejarah di kota ini terdapat warisan dunia UNESCO, berupa menara setinggi 91 meter, yang menjadi menara Lonceng dan menara jam, yang dibangun tahun 1313 dan selesai 1380. Juga terdapat Graventeen Castle yang dibangun Tahun 1180 dan masih banyak lagi bangunan dan tempat -tempat wisata yang kunjungi seperti pinggiran kanal yang berseberangan Graslei dan Korenlei.

BACA JUGA  Status Perubahan STMIK Indonesia jadi Universitas Meta Media Tinggal Selangkah Lagi

Selanjutnya sesuai rencana, kami akan mengunjungi stadion salah satu klub sepak bola terkenal dan tertua, didirikan 160 tahun yang lalu, tahun 1864 di Belgia, yang terletak di Kota Ghent, yang dikenal dengan KAA Gent. De Buffalo itulah Julian Klub yang bermain di kasta tertinggi liga, Jupiter Pro League.

Klub ini pernah menjuarai liga tahun 2014/2015 dan terakhir menjadi runner-up pada tahun 2019-2020, juga pernah mererebut tropfi Piala Belgia empat kali, terakhir tahun 2021-2022. Melihat sejarah dan prestasi yang pernah diraih KAA Gent membuat kami tidak sabar untuk segera dapat mengunjungi markasnya.

Ditambah lagi bahwa pemain nasional yang terkenal Belgia dilahirkan klub ini diantaranya, Romeo Lukaku, Thibaut Courtios. Kevin De Bruyne gelandang Manchester City pernah menimba ilmu di sini enam tahun, 1999- 2005. De Bruyne sempat bersama tim junior klub ini, sebelum bergabung dengan, Chelsea, Wolfsburg, dan Manchester City. Sudah tentu masih banyak pemain lainnya.

BACA JUGA  40 Siswa SMK Muhammadiyah 1 Padang Disuluh Binjab, Habibullah: Mudahkan Siswa Dapatkan Informasi Kerja

Comment