Peristiwa

Kota Padang Tidak Baik-baik Saja, Tawuran Makin Menggila

463
×

Kota Padang Tidak Baik-baik Saja, Tawuran Makin Menggila

Sebarkan artikel ini
Salah seorang pelaku tawuran terekam warga Kota Padang.Ist

PADANG – Aksi tawuran pelajar di Kota Padang makin mengkawatirkan. Bahkan, tawuran terjadi pada waktu-waktu tertentu.

Anggota DPRD Padang Budi Syahrial memandang, aksi tawuran pelajar yang terjadi hingga menyasar ke Kantor Walikota Padang cukup menampar Pemko Padang.

“Tawuran pelajar yang terjadi di Kantor Walikota Padang tersebut menurut saya cukup “bagus”. Aksi yang terjadi ini jelas menampar wajah Pemko Padang dan petugas aparat keamanan Kota Padang tentang usaha mereka dalam menyikapi tawuran pelajar ini,” jelasnya, Minggu (14/1/2024)

Lebih lanjut, Budi Syahrial meminta, pihak keamanan mencegah sebelum aksi tawuran terjadi. “Jangan telah terjadi korban, baru dilakukan tindakan,” ucapnya.

Pengamat sosial dari Universitas Negeri Padang (UNP) Dr. Eka Asih Febriani mempertanyakan kenapa tawuran pelajar terus terjadi. Apakah ada yang salah dalam dunia pendidikan di Kota Padang.

BACA JUGA  Pemko Bukittinggi Turunkan Tim Untuk Membantu Menanggulangi Bencana Alam di Kabupaten Agam

“Saya melihat, seringnya tawuran antar pelajar di sebabkan terjadinya krisis identitas di kalangan pelajar. Jika pelajar tidak diinternalisasi dengan nilai positif, akan muncul penyimpangan-penyimpangan perilaku seperti melakukan aksi tawuran,” jelasnya.

Selain itu, kontrol orang tua sangat di butuhkan dalam mencegah kenakalan remaja.

“Kita lihat sendiri, pada saat ekonomi sulit, banyak orang mati-matian untuk berusaha memenuhi kebutuhan ekonomi. Imbasnya, orang tua dalam berkomunikasi dengan anak hanya lah saat bangun pagi saja, karena orang tua pulang nya juga larut malam. Alhasil, tidak adanya pengawasan yang memadai. Anak cenderung melakukan perilaku agresif atau aktivitas kriminal dalam hal pencarian jari diri,” jabarnya.

Eka Asih Febriani menjabarkan juga, aksi tawuran juga di pengaruhi oleh lingkungan sosial anak. Menurutnya, teman di lingkungan sosial akan menjadi agen sosialisasi yang punya peranan penting dalam terjadinya aksi tawuran.

BACA JUGA  Bukittinggi Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023 M

“Kita tidak bisa mengawasi dengan siapa mereka bergaul. Oleh karena itu banyak orang tua tidak tahu bahwa anaknya telah terlibat dalam perilaku berisiko atau kekerasan ketika mereka bertindak sebagai sebuah kelompok,” jabarnya.

Comment