Sumatera Barat

Festival Anak Sumbar 2023, Ketika Istana Gubernur Sumbar jadi Taman Bermain Anak

304
×

Festival Anak Sumbar 2023, Ketika Istana Gubernur Sumbar jadi Taman Bermain Anak

Sebarkan artikel ini
Penutupan Festival Anak Sumbar 2023, di hadiri Bapak Gubernur Sumbar Mahyeldy, Bunda PAUD Sumbar Harneley Mahyeldi.Ist

PADANG – Ada yang berbeda dengan halaman Istana Gubernur Sumbar selama dua hari, yakni pada 18 dan 19 Nevember 2023. Ribuan anak-anak meramaikan komplek peninggalan zaman Belanda tersebut.

Kegiatan itu adalah pelaksanaan Festival Anak Sumbar 2023. Kegiatan itu merupakan memberikan salah satu hak anak, yakni hak untuk bermain.

Kegiatan itu dibuka oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy pada Sabtu (18/11/2023). Kemudian ditutup oleh Gubernur Mahyeldi pada Minggu (19/11/2023).

Pada satu kesempatan, dalam sesi bincang-bincang dengan anak dan orang tua, Gubernur menyampaikan akan terus meningkatkan pemenuhan Hak Anak. Mahyeldi berharap agar anak-anak tetap sehat, kuat dan baik agamanya.

BACA JUGA  Sumbar Jadikan Desa Wisata Solusi Percepatan Ekonomi Masyarakat

Selain itu, mendapat perlindungan, kelak menjadi orang-orang hebat pemimpin bangsa. “”Ini perlu pendampingan orang tua dan jadilah orang tua yang hebat pula,”pesan Mahyeldi.

Pada kesempatan tersebut Gubernur mengundang pasangan orang tua yang membawa anak-anaknya lengkap ke atas panggung. Inisiatif itu bentuk dari apresiasi peningkatan ketahanan keluarga.

Bangun Ruang Publik Inklusif untuk Anak

Festival Anak Sumbar tahun 2023 resmi ditutup Bunda PAUD, Dra. Harnely Mahyeldy, di dampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A P2KB) Sumatera Barat (Sumbar) Dra. Gemala Ranti, M.Si di taman Istana Gubernur Sumbar, Minggu (19/11/2023).

Penutupan tersebut dihadiri sejumlah tamu undangan, partisipan lomba, forum anak dari 19 kabupaten/kota, serta pengunjung festival.

BACA JUGA  Pemprov Sumbar Fokus Pemulihan Sektor Kesehatan dan Infrastruktur Pascabencana Pessel dan Padang Pariaman

Pada saat laporan akhir Gemala mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Festival Anak tahun 2023 dengan baik. Mulai dari segenap panitia, peserta serta semua pihak yang terlibat.

“Ini festival perdana yang diadakan oleh DP3A P2KB. Semoga tahun depan bisa lebih meriah. Melalui festival ini, mari perkuat langkah kita untuk menciptakan ruang publik yang inklusif dan ramah anak, agar anak-anak mendapatkan lebih baik hak haknya” ujarny.

Festival ditutup dengan penampilan tari kreasi anak berjudul ‘Tambuah Ciek’ yang ditampilkan oleh Majesty Minangkabau Kids.

Comment