Ekonomi

Pabrik Indarung I Terima Sertifikat Cagar Budaya Peringkat Nasional dari Kemendikbudristek

159
×

Pabrik Indarung I Terima Sertifikat Cagar Budaya Peringkat Nasional dari Kemendikbudristek

Sebarkan artikel ini
Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang Oktoweri bersama Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid usai acara penyerahan sertifikat Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional Pabrik Indarung I PT Semen Padang, Rabu (25/10/2023).Ist

Sebelumnya, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid berharap penetapan tersebut dapat menggiatkan kepala daerah di tingkat provinsi, kabupaten dan kota, lembaga, masyarakat, serta pemilik untuk melakukan pelestarian warisan budaya sebagai kekuatan budaya dalam pembangunan yang berkelanjutan.

Ia menyatakan, diperlukan perhatian dan kesadaran bersama dalam pelestariannya agar warisan budaya nasional dapat memberikan manfaat.

Direktur Perlindungan Kebudayaan Kemendikbudristek Judi Wahjudin mengatakan tahun ini ada peningkatan tata kelola setelah penetapan status WBTB. Peningkatan itu berupa pembinaan, pendampingan, serta evaluasi selama tiga tahun setelah menerima sertifikat WBTB.

Pabrik Indarung I merupakan pabrik semen pertama di Asia Tenggara berdiri pada 18 Maret 1910 dengan berbagai fasilitas penunjang. Salah satunya, PLTA Rasak Bungo yang dibangun 1908, dan menjadi sumber energi untuk pabrik yang dulu bernama NV Nederlands Indische Portland Cement. (yose)

BACA JUGA  Forum SDC Padang Susun Program Kegiatan dan Kerja Strategis

Comment