Ekonomi

Kadin Sumbar Diminta jadi Katalisator Perekonomian Daerah

521
×

Kadin Sumbar Diminta jadi Katalisator Perekonomian Daerah

Sebarkan artikel ini
Penyerahan bendera pataka Kadin dari Ketua Umum Kadin Indonesia M. Arsjad Rasjid pada Ketua Umum Kadin Sumbar Buchari Bachter.Ist

PADANG – Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatra Barat resmi dikukuhkan dan dilantik oleh Ketua Umum Kadin Indonesia Mohammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat di Hotel Santika Premiere Padang, Rabu (12/7/2023).

Kadin Sumbar diminta untuk dapat menjadi katalisator perekonomian. Sehingga dapat mengembangkan semua potensi yang ada. Seperti pariwisata.

Ketua Umum Kadin Indonesia Mohammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat, Kadin Indonesia memiliki pilar-pilar dalam program perekonomian.

Empat Pilar KADIN itu, pemulihan kesehatan dan pengembangan industri kesehatan nasional, peningkatan ekonomi daerah dan nasional, peningkatan kewirausahaan, serta penguatan internal organisasi dan regulasi.

Salah satu pilar yakni, fokus pada Unsaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Karena, menjadi amanah Undang-undang Kadin, bagaimana memperkuat UMKM, agar lebih menjadi pondasi ekonomi Indonesia.

BACA JUGA  KMP Wira Sameiri Resmi Layani Padang-Mentawai, Ini Jadwalnya

Karena ada 44 juta UMKM di Indonesia dengan daya serap tenaga kerja 97 persen, UMKM juga menjadi pilar basis ekonomi domestik. Karena kuat dari tantangan dari serangan dengan tantangan resesi luar negeri. Sekarang 55 persen dari pendapatan Indonesia hasil pendapatan domestik.

“Untuk itu kita harus memperkuat UMKM. Fokus ini juga dipertegas dengan Rapimnas Kadin. Yaitu, Kadin kuat, UMKM kuat, ekonomi daerah dan nasional kuat, Indonesia Kuat. Kita harus fokus untuk mengembangkan UMKM kita,”sebutnya.

Dia juga meminta, Kadin Sumbar juga dapat menjadi katalis perekonomian daerah di Sumatera Barat. Dengan mengembangkan potensi yang ada. Seperti, pariwisata dan sumber daya alam yang ada.

BACA JUGA  Ribut-ribut Pengurus Kadin Sumbar, Ramal Saleh: Ndak Aktif ya Diganti..!

Sumbar memiliki kekayaan alam, budaya, dan juga ekonomi kreatif yang melimpah. Sehingga Sumbar bisa menarik wisatawan mancanegara yang berkualitas tinggi. Kemudian bisa berdaya saing tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia.

Kadin juga memiliki tiga program tambahan, salah satunya menyelesaikan roadmap Indonesia emas 2045, dengan visi Indonesia menjadi ekonomi nomor 4 dunia.

“Sedang kita buat nanti akan diberikan pada pemerintah pada 17 Agustus mendatang,”katanya.

Comment