Umum

Pemuda MKS Dibekali Pelatihan Citizen Jurnalis, Firdaus Abie: Menulis Tak Sesulit yang Dibayangkan

335
×

Pemuda MKS Dibekali Pelatihan Citizen Jurnalis, Firdaus Abie: Menulis Tak Sesulit yang Dibayangkan

Sebarkan artikel ini

BUKITTINGGI— Puluhan Pemuda Mandiangin Koto Selayan (MKS) Bukittinggi mengikuti pelatihan Citizen Jurnalism. Kegiatan mengangkat Tema “Informasi Baik Menuju Bukittinggi Hebat .

Pelatihan diangkat dari dana pokir H. Syafril S.ST.Par, Anggota Komisi I DPRD Kota Bukittinggi, di Hotel Nikita Palace, selamat kemudian kunjungan ke TVRI Padang Minggu (25/6/2023) .

Kegiatan pelatihan Citizen Jurnalism dibuka secara Wali Kota Bukittinggi diwakili Kadis Kominfo Erwin Umar. Menghadirkan Firdaus Abie, wartawan senior, sebagai narasumber, serta Kepala Kejaksaan Negeri Bukittinggi Ferik Demiral dan dua orang wartawan Kota Bukittinggi Roni Novendra (Harian Umum Rakyat Sumbar) dan Rian Vani Putra (Kompas86.com)

Erwin Umar menyampaikan, pelatihan jurnalistik merupakan program untuk mengembangkan pengembangan minat dan bakat di bidang kewartawanan.

BACA JUGA  Wagub Nasrul Abit Terima Kunjungan Pimpinan TVRI Sumbar yang Baru

“Kegiatan pelatihan jurnalistik ini bisa menjadi salah satu wadah bagi pemuda untuk menambah ilmu pengetahuan tentang dunia jurnalis. Apalagi di era informasi dan teknologi saat ini, generasi muda harus melek terhadap informasi,” ucapnya.

Erwin berharap, para peserta menjadikan kegiatan pelatihan jurnalistik ini sebagai pemicu untuk berani menjadi jurnalis dalam menggali berita yang berimbang menuju Bukittinggi Hebat di masa mendatang.

“Jangan hanya dijadikan sebagai peristiwa yang datang dan pergi tanpa ada manfaatnya. Kesempatan ini adalah kesempatan emas. Silakan diikuti sebaik-baiknya,” ungkap Erwin Umar.

Anggota DPRD Kota Bukittinggi H. Syafril mengatakan, Citizen Journalism adalah jurnalisme yang dilakukan oleh orang-orang yang bukan merupakan jurnalis profesional.

BACA JUGA  BMPN Pauh IX Bangun Posko Rang Mudo Tapian di Kelok Belimbing

“Akan tetapi, mereka tetap mampu mengumpulkan dan menyebarkan informasi melalui media sosial. Citizen Journalism di media sosial, dimana orang-orang membagikan informasi yang bernilai berita padahal mereka bukan jurnalis,”terangnya.

Syafril menambahkan, menjadi jurnalis tidak cukup hanya bisa menulis, tapi harus dibarengi dengan teknik-teknik menulis yang harus dikuasai seorang jurnalis.
“Sehingga jurnalis bisa berpikir kreatif dalam pembuatan berita,” tukasnya.

Comment