Nasional

Bakal Berlangsung Meriah, Besok Penas Tani 2023 Resmi Dimulai

661
×

Bakal Berlangsung Meriah, Besok Penas Tani 2023 Resmi Dimulai

Sebarkan artikel ini
LAKUKAN TINJAUAN: Pastikan kesiapan Penas KTNA ke XVI Tahun 2023, Gubernur Mahyeldi dan Wagub Sumbar, Audy Joinaldy mendampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat peninjauan lokasi di Lanud Sutan Syahrir, kemarin (9/6).Ist

PADANG – Besok Sabtu (10/6) Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI tahun 2023 di Sumatera Barat (Sumbar) resmi dibuka di Lapangan Udara Tabing, Padang.

Mematangkan persiapan tersebut, sebelumnya Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah telah mengerahkan semua kemampuan. Bahkan, Pemprov Sumbar mengalokasikan anggaran hingga Rp100 miliar untuk mendukung program tersebut.

“Kita berupaya menciptakan Penas Tani terbaik. Untuk itu kita mengalokasikan anggaran cukup besar. Anggaran itu tersebar pada sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD),”sebut Mahyeldi.

Dikatakannya, secara umum persiapan fisik lokasi sudah dirampungkan. Sejumlah stand-stand dan tenda-tenda besar untuk peserta sudah berdiri dengan megah.

“Alhamdulillah, kita telah cek bersam Mentan secara lansung ke lapangan, dan persiapan sudah dirampungkan,” ujar Gubernur.

BACA JUGA  Produk UMKM Masyarakat Nagari Padang Gantiang Ramaikan Stand Festival Pesona Nagari Tuan Khadi

Hingga kemarin  peserta Penas Tani sudah berada si Sumbar. Bahkan enam Gubernur sudah hadir sejak Kamis dan Jumat pagi di Padang (Sumbar).

Seperti Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Sulawesi Selatan Gubernur Jambi, Gubernur Maluku dan .ewakili Gubernur Papua oleh Asisten II pemerintahan setempat.

Gubernur Mahyeldi menambahkan, dalam iven nasional ini, keterlibatan peserta dan masyarakat sekitar sangat tinggi.
Seperti keterlibatan peserta terlihat dari adanya kegiatan gelar teknologi, dimana para peserta diberikan ruang untuk menampilkan berbagai karyanya dalam bentuk pemeragaan hasil inovasi dan pemanfaatan teknologi dalam bidang pertanian.
Selain itu untuk keterlibatan masyarakat sekitar, tampak dari pemanfaatan ribuan rumah masyarakat sekitar untuk penginapan para peserta dengan menggunakan sistem sewa.

BACA JUGA  Ternyata tak Hanya di Lampung, 573 Km Lebih Jalan Provinsi Sumbar Dalam Kondisi Rusak

Mahyeldi menilai KTNA 2023 memiliki peran strategis dalam membantu memajukan sektor pertanian nasional yang tantangannya semakin besar ke depan.

Penas KTNA  XVI merupakan bentuk kepercayaan pemerintah Pusat dan KTNA kepada Provinsi Sumbar.

“Kita sangat mengapresiasi perhatian dari Pemerintah Pusat ini,”ujar Gubernur.

Comment