Ekonomi

Sumbar Bakal Menjadi Pusat Industri Halal Indonesia

661
×

Sumbar Bakal Menjadi Pusat Industri Halal Indonesia

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar Mahyeldi jelaskan rencana Sumbar jadi pusat industri halal di Sumbar.Ist

PADANG – Banyak negara bersaing menjadi pusat halal dunia. Negara-negara tersebut antara lain, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Malaysia dan lainnya. Indonesia yang memiliki potensi halal, seharusnya lebih berpeluang bisa menjadi pusat industri halal dunia.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan, lembaga konsultan Dinar Standard memperkirakan konsumsi produk halal Indonesia tahun 2025 mencapai US$ 281,6 miliar atau Rp4.033 triliun (kurs Rp14.300.US$). Konsumsi produk halal diperkirakan tumbuh rata-rata 14,96% per tahun sejak 2020 hingga 2025.

Berdasarkan laporan tahun 2022 Top 15 Global Islamic Economy Indicator Score, dari sejumlah indikator halal, skor yang diraih Indonesia berada di peringkat empat.

Gubernur Mahyeldi saat Seminar Internasional Global Halal Industry Opportunity and Challenges, Selasa (16/5) di Aula Kantor Bappeda Provinsi Sumbar.Ist

Peringkat satu diduduki Malaysia, peringkat dua Saudi Arabia dan peringkat tiga Uni Emirat Arab.

BACA JUGA  Libas Semua Kondisi Medan, Daihatsu All New Xenia Teruji di Ekspedisi Lintas Balikpapan ke Biduk Biduk 

Khusus Provinsi Sumbar, berpotensi menjadi daerah yang terdepan sebagai pusat industri halal di Indonesia dan dunia. Pasalnya, jumlah penduduk beragama Islam di daerah ini mencapai 5,4 juta jiwa.

Sumbar juga memiliki Undang Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2022 tentang Provinsi Sumbar yang menyatakan falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) sebagai nilai masyarakat Sumbar.

“Apalagi dalam setiap kesempatan bertemu, Wakil Presiden (Wapres) juga menyatakan dukungan kepada Sumbar untuk jadi pusat industri halal,” ungkap Mahyeldi saat Seminar Internasional Global Halal Industry Opportunity and Challenges, Selasa (16/5) di Aula Kantor Bappeda Provinsi Sumbar.

Mahyeldi kembali menegaskan, untuk mewujudkan pusat industri halal dilakukan dari hulu ke hilir. Bahkan, Teluk Bayur siap dijadikan pelabuhan halal di Indonesia. Sehingga seluruh barang dan produk yang keluar masuk di Sumbar terjamin halal.

BACA JUGA  Lomba HLH Sedunia Ditutup,  Mina Dewi Sukmawati Harapkan Peserta jadi Penyambung Lidah Bank Sampah 

Menjadikan Sumbar sebagai pusat industri halal perwujudan dari misi nomor 4 RPJMD Provinsi Sumbar. Selain itu juga tertuang dalam program unggulan (progul).

Comment