Pariwisata

Praktisi Wisata Joni Mardianto Bekali Pelaku Wisata di Sumbar

596
×

Praktisi Wisata Joni Mardianto Bekali Pelaku Wisata di Sumbar

Sebarkan artikel ini
Praktisi pariwisata Joni Mardianto yang juga Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sumbar berikan pembekalan bagi pelaku pariwisata, Senin (15/5/2023).ist

PADANG – Guna meningkatkan pemahaman pelaku wisata di Pasaman dan Pasaman Barat, Praktisi Pariwisata Joni Mardianto berikan pembekalan. Terutama dalam pengelolaan desa wisata.

Dalam kesempatan itu disampaikannya, dalam pengelolaan desa wisata diperlukan pemahaman dan kesadaran wisata. Karena, tanpa pengetahuan itu, maka masyarakat tidak dapat mengoptimalkan potensi yang ada.

“Secara teknis, potensi wisata kita di Sumatera Barat sangat besar. Hanya bagaimana meningkatkan nilai dari potensi tersebut,”kata Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sumbar tersebut pada Bimbingan Teknis Pelaku Ekonomi Kreatif Baru dari Pasaman dan Pasaman Barat yang dikelola Dinas Pariwisata Sumbar, Senin (15/5/2023) di Hotel Mercure Padang.

Dikatakannya, desa wiata adalah bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

BACA JUGA  Sumbar Punya Kuota 10 Event Diusulkan masuk Kharisma Event Nusantara.

Disebutkannya, ada langkah yang harus dilakukan masyarakat untuk membesarkan desa wisata. Potensi daya tarik wisata baik alam, budaya maupun karya kreatif sebagai unsur penarik kunjungan wisatawan.

Masyarakat yang antusias dan memiliki komitmen mendukung pengembangan desa wisata. Fasilitas pariwisata sebagai unsur pendukung wisatawan dalam melakukan aktifitas wisata di desa berkelanjutan.

“Konsep pembangunan pariwisata berkelanjutan tersebut pada intinya menekankan pada empat prinsip, seperti layak secara ekonomi berwawasan lingkungan, dapat diterima secara sosial, dapat diterapkan secara teknologi,”katanya.

Bimtek tersebut berlangsung selama dua hari dari tanggal 15 hingga 16 Mei 2023. Atas dukungan pokok-pokok pikiran Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Fraksi Gerindra, Yunisra Syahiran.

BACA JUGA  Influencer Arief Muhammad Dinobatkan Jadi Duta Nasi Padang

Diikuti sebanyak 50 peserta dari pelaku wisata dan ekonomi kreatif.(Bdr)

Comment