Umum

Lantamal II Padang Berikan Kue Ulang Tahun HUT Bhayangkara

176
×

Lantamal II Padang Berikan Kue Ulang Tahun HUT Bhayangkara

Sebarkan artikel ini

PADANG – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, dalam menjaga sinergitas, memberikan ucapan selamat pada HUT Bhayangkara kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Wadan Lantamal II, Kolonel Marinir Andy Prasetyo STr Hanla berkesempatan memberikan kue ulang tahun kepada Kepolisian Sektor (Polsek) Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Teluk Bayur, Jumat (1/6/2022).

Secara bersamaan di tempat terpisah para pejabat utama dan Kadis/Kasatker Lantamal II juga memberikan kue HUT Bhayangkara di Mapolda Sumbar, Polairud dan sejumlah Polsek di Kota Padang. Tidak hanya di Padang, Lanal jajaran Lantamal II, di antaranya Lanal Bengkulu, Lanal Sibolga dan Lanal Nias pun ikut melaksanakan hal yang serupa. Memberikan ucapan disertai pengantaran kue ulang tahun HUT Bhayangkara ke Polres dan Polsek di wilayah kerjanya masing-masing Lanal.

Dengan bertambahnya umur, Polri diharapkan dapat lebih baik dalam menjalankan tugas dan wewenangnya. Menjadi kebanggaan rakyat Indonesia sesuai tema peringatan “Polri yang presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia tangguh – Indonesia Tumbuh,” ujar Wadanlantamal II.

Tanggal 1 Juli diperingati sebagai hari Bhayangkara sekaligus juga hari ulang tahun Pokri. Bhayangkara pada zaman kerajaan Majapahit adalah nama pasukan pengamanan yang tugasnya melindungi raja dan kerajaan. Setelah Proklamasi, tepatnya 19 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) membentuk Badan Kepolisian Negara (BKN). Lalu, tanggal 1 Juli diperingati berkaitan penetapan pemerintah tahun 1946 tentang Djawatan Kepolisian Negara bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri.

BACA JUGA  Kukuhkan LPM Batu Gadang Luki, Irwan Basir Sebut LPM Bukan Bawahan Lurah

Polri sebagai lembaga vital negara yang bertugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Sinergitas dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan hal yang wajar mengingat tugas yang selaras antara TNI-Polri. (drd)

Comment