Budaya

Bundo Kanduang Pauh IX Gelar Turun Mandi Anak, Irwan Basir: Peranan 4 Pilar dalam Nagari Penting

559
×

Bundo Kanduang Pauh IX Gelar Turun Mandi Anak, Irwan Basir: Peranan 4 Pilar dalam Nagari Penting

Sebarkan artikel ini

 

PADANG-Lapuk Lapuk dikajangi, usang usang diperbaharui. Kata bijak ini setali dua uang dengan kegiatan Bundo Kanduang Nagari Pauh IX Kuranji Kota Padang yang menggelar alek turun mandi anak di Kantor KAN Pauh IX Kuranji, Minggu (23/1/2022).

Kegiatan tradisi turun mandi anak ini tak telepas dalam upaya melakukan pelestarian terhadap nilai nilai adat dan budaya yang ada di Salingka Nagari Pauh IX.

Ninik mamak dan Bundo Kanduang Pauh IX Kuranji foto bersama

“Kegiatan turun mandi anak ini merupakan salah satu budaya tradisi syukuran di Minangkabau khusunya di Nagari Pauh IX Kuranji Kota Padang,” ujar Ketua Bundo Kanduang Nagari Pauh IX Kuranji Nina SH, kemarin.

Dikatakan Nina, belakangan ini memang tak terbantahkan kegiatan budaya turun mandi anak ini jarang terlihat di tengah tengah di masyarakat. Maka kegiatan turun mandi anak yang dilaksanakan di Kantor KAN ini suatu langkah agar kegiatan syukuran sebagai adat dan budaya Nagari Pauh IX ini tetap lestari pada mendatang. “Kegiatan budaya turun mandi anak sesuai dengan adat salingka nagari,” ujar Nina.

BACA JUGA  Safari Ramadhan di Sijunjung, Gubernur Mahyeldi didampingi Bupati Benny Dwifa

Ketua KAN Pauh IX Kuranji Suardi Dt Rj Bujang mendukung, kegiatan yang dilaksanakan Bundo Kanduang Nagari Pauh IX, dalam upaya melestarikan adat istiadat di salingka Nagari Pauh IX Kuranji. “Diharapkan, Bundo Kanduang ini jangan sekadar kegiatan anak turun mandi saja, kapan perlu ditingkatkan kegiatan pertemuan rutin setiap 15 hari,” ujar Suardi.

Sekretaris Camat (Sekcam) Kuranji Rio Eb mengucapkan, terhadap anggota dewan Dapil Kuranji Salisma yang komit melakukan pelestarian pelestarian adat istiadat salingka Nagari Pauh IX.” Sehingga kegiatan nilai nilai adat dan budaya tetap eksis di Nagari Pauh IX Kuranji ini pada masa mendatang walaupun di tengah tengah arus globalisasi ini,” ujar Rio.

BACA JUGA  Pengurus KAN Pauh IX Terima SK Walikota dari Camat Kuranji

Anggota DPRD Padang Salisma SH mengatakan, kegiatan turun mandi anak ini belakangan ini jarang dilihat di tengah tengah masyarakat, sehingga generasi muda banyak yang tidak tahu.” Dan kegiatan bagaimana melanggengkan hubungan antara anak pisang dan Bako supaya langgeng hingga ke akhir hayat, ” ujar Salisma.

Comment