Kota Padang

Terkait Peminjaman Uang Zakat di Baznas Kota Padang, Epi Santoso: Sekarang sudah Dilunasi..!

518
×

Terkait Peminjaman Uang Zakat di Baznas Kota Padang, Epi Santoso: Sekarang sudah Dilunasi..!

Sebarkan artikel ini
Epi Sanstoso adalah mantan Ketua Baznas Kota Padang. Kepengurusannya berakhir pada September 2021.ist

PADANG – Dugaan penyalahgunaan keuangan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang mulai terbuka. Mantan Ketua Baznas Kota Padang Epi Santoso mengakui meminjamkan uang pada salah satu yayasan.

“Ada, tapi itu pada 2017, bukan sejak 2014. Yang tertera dalam hasil audit itu adalah tahun buku 2020, besok sudah tidak ada lagi. Karena sudah dilunasi,”sebut Epi Santoso menghubungi via seluler, Sabtu (8/1/2022).

Meski mengakui meminjamkan uang, Epi tetap merahasiakan yayasan yang dipinjamkan uang tersebut. Dia juga enggan menjelaskan mekanisme peminjaman uang Baznas. Namun dia yakin itu tidak menyalahi aturan.

“Ada, saya kenal orangnya. Yayasan itu di Padang. Tapi sekarang sudah dilunasi, seminggu terakhir sudah dilunasi,”katanya.

BACA JUGA  Baznas Kota Padang Salurkan 27.250 Paket Sembako bagi Warga tak Mampu

Epi juga tetap tidak merinci, apa jaminan peminjaman uang tersebut. Menurutnya, pelunasan yang dilakukan oleh yayasan piminjam tersebut dilakukan cara menyicil.

Epi juga membantah, uang Baznas yang dipinjamkan itu uang zakat. Meski sumbernya zakat, dia yakin bukan uang zakat.

“Itu bukan zakat yang dipinjamkan, tapi itu uang amil 12,5 persen dari uang zakat terkumpul. Uang tersebut yang kami pinjamkan,”katanya.

Bahkan katanya uang amil sekitar 12,5 persen dari total Rp20 miliar uang terkumpul, sekitar Rp1,8 miliar setahun itu bisa digunakannya untuk apa saja.

“Misalnya dari Rp1,8 miliar itu jika tidak habis untuk keperluan gaji pegawai, kami bia habiskan dengan tunjangan kinerja, atau kami bawa jalan-jalan, tidak masalah,”ulasnya.

BACA JUGA  Semen Padang Kembali Salurkan Bantuan Air Bersih di Batu Gadang

Epi juga berjanji akan memberikan iformasi lengkap terkait proses peminjaman dan nama yayasan yang lengkap bersama Ustad Siril Firdaus (sekarang Plt Wakil Ketua Baznas Kota Padang). Namun setelah ditunggu, Epi Santoso tidak memberikan penjelasan resmi.

Diketahui, Epi Sanstoso adalah mantan Ketua Baznas Kota Padang. Kepengurusannya berakhir pada September 2021.

Sebelumnya, Baznas Kota Padang dinilai melanggar aturan. Pada hasil audit tahun buku 2020 Baznas Kota Padang tertera piutang sebanyak Rp350 juta.

Data diperoleh Singgalang, aset lancar Baznas Kota Padang Rp7,2 miliar dengan rincian, kas dan bank Rp6,3 miliar, uang muka program Rp585 miliar ditambah dengan piutang Rp350 juta.

Comment