Olahraga

Gubernur Dukung Musorprovlub KONI Sumbar, Tapi Apakah Cabor Bernyali?

194
×

Gubernur Dukung Musorprovlub KONI Sumbar, Tapi Apakah Cabor Bernyali?

Sebarkan artikel ini
Kadispora Sumbar, Dedy Diantolani

PADANG –Pasca Ketua KONI Sumbar “AS” ditetapkan menjadi tersangka dalam dugaan kasus korupsi dana hibah KONI Padang, pada prinsipnya Gubernur Sumbar Mahyeldi mendukung penggantian kepengurusan KONI Sumbar melalui Musorprovlub, tapi tentu dengan mekanisme yang benar dan sesuai dengan AD/ART KONI itu sendiri.

Karena pemerintah provinsi (Pemprov) tidak bisa menginterpensi atau ikut campur terlalu jauh, sebab sesuai aturan yang punya hak suara untuk melakukan Musorprovlub KONI Sumbar adalah Pengprov dan KONI kabupaten dan kota se-Sumbar.

Oleh karena itu dikembalikan kepada Pengprov Cabor dan KONI kabupaten dan kota. Karena, yang memiliki hak suara memilih itu adalah pengurus provinsi cabang olahraga (Pengprov Cabor) serta KONI kabupaten dan kota.

BACA JUGA  Wujudkan Target PON, Atlet dan Pelatih Dituntut Selalu Jalin Komunikasi

Namun, semua itu diserahkan kepada pengurus Cabor untuk mengusung Musorprovlub. Karena, pasca Ketua KONI Sumbar ditetapkan tersangka akhir Desember 2021 lalu, Kadispora Sumbar, Dedy Diantolani Dt Mudo SE MM telah melaporkan masalah ini kepada Gubenur Sumbar melalui Wagub Sumbar.

“Saya sudah melaporkan permasalahan ini kepada gubernur dan wagub tentang kondisi yang terjadi pada KONI Sumbar. Kata beliau semuanya tergantung Pengprov cabor dan KONI kabupaten dan kota karena mereka yang punya suara. Sebab, sekarang bola itu berada di kaki Cabor dan KONI kabupaten dan kota,” jelas Kadispora Sumbar, Dedy Diantolani, Rabu (5/1/22).

Sejak Ketua KONI Sumbar dinyatakan tersangka pimpinan Cabor masih belum mengambil sikap atau bersuara kritis. Apalagi sudah tahun baru 2022, sedangkan Ketua KONI Sumbar ditetapkan jadi tersangka Desember 2021 lalu.”Kalau pemerintah tidak bisa berbuat jauh. Semuanya ditentukan pemilik suara yang terdiri dari Cabor dan KONI kabupaten dan kota,” ujar Dedy.

BACA JUGA  Turnamen Bola Tangan Antar Pelajar SMP, Tim Putra SMPN 27 Bentrok dengan SMPN 25 di Final

Menurut Dedy, jika olahraga Sumbar mau diselamatkan semuanya tergantung kepada pemilik suara. Sebab, pemerintah tidak punya hak melakukan intervensi banyak menggelar Musprovlub. “ Sebenarnya menggelar Musorprovlub tidaklah terlalu berat, cukup mendapatkan dua pertiga suara dari Cabor. Kemudian laporkan ke KONI Pusat, apakah nanti ditunjuk caretaker atau Plt,” ujar Dedy. .

Comment