Politik

Tak Jalankan Putusan MA, Erwin: DPW dan DPP PAN Dinilai Semena-mena Terhadap Fauzan Haviz.

231
×

Tak Jalankan Putusan MA, Erwin: DPW dan DPP PAN Dinilai Semena-mena Terhadap Fauzan Haviz.

Sebarkan artikel ini

BUKITTINGGI — Peseteruan Fauzan Haviz, Ketua DPD PAN Bukittinggi secara sah menurut putusan Makamah Agung (MA) No : 460K/Pdt.Sus-Parpol/2019 dengan DPW PAN Sumatera Barat dan DPP PAN, mendapat perhatian dari salah seorang pengurus senior DPD PAN Kabupaten Pasaman, Erwin.

Kepada wartawan di ujung telponnya, Erwin, Minggu (4/9/2020), mengutarakan, sikap Fauzan Haviz yang terus memperjuangkan haknya sebagai pengurus DPD PAN Bukittinggi, bukan lah bagian upaya agar dirinya tetap berada di partai PAN.

“Kalau Fauzan Haviz ingin berpartai, ia bisa saja bergabung dengan partai lain. Lagian banyak partai lain yang mau menerima Fauzan Haviz untuk bergabung. Tapi, bukan itu yang diinginkan Fauzan Haviz, tapi guna tegaknya hukum, termasuk menegakkan harga dirinya,” katanya.

BACA JUGA  Tutup Debat Pilgub Sumbar, Nasrul Abit-Indra Catri: Terima Kasih Pak Prabowo

Erwin mengaku kalau dirinya turut mengikuti proses sengketa Fauzan Haviz dengan DPW dan DPP PAN. Termasuk proses hukum yang telah sampai ke pengadilan. Keluarnya putusan Mahkamah Partai Nomor 0009/PHPP/MP.PAN/VII/2018 tanggal 5 Mai 2018, bukan Rahmi Brisma, sebagai ketua DPD PAN Bukittinggi.

Artinya, Fauzan Haviz merupakan Ketua DPD PAN kota Bukittinggi yang sah. Mahkamah Partai merupakan bentukan dari partai PAN, tentunya putusan mahkamah partai haruslah dijalankan DPW dan DPP. Karena tidak dijalankan, Fauzan Haviz membawa proses hukum ke pengadilan Negeri di Padang.

Pengadilan Negeri Padang Nomor :108/Pdt.G/2018/PN.Pdg, tertanggal 20 Desember 2018, juga memenangkan Fauzan Haviz. Menolak tuntutan provisi pengugat, serta membatalkan SK PAN Kota Bukittinggi periode 2015 – 2020 tertanggal 21 Mei 2018 dengan Nomor:  PAN/A/04/Kpts/K-S/02/V/2018 dan memerintahkan DPW PAN Sumbar dan DPP PAN melaksanakan putusan Mahkamah Partai Amanat Nasional tanggal 5 Mei 2018.

BACA JUGA  Sebanyak 71 Orang  Dinyatakan Positif Covid-19 di Padangpanjang

Lalu, proses hukum hingga ke Mahkamah Agung (MA). Di MA, Fauzan Haviz kembali menang yakni Nomor: 460 K/Pdt. Sus-Parpol-2019 tertanggal 27 Mei 2019, menolak permohonan kasasi dari pemohon kasasi DPW PAN Sumbar.

Menurut dia, kemenangan Fauzan Haviz di MA tersebut sebagai bukti bahwa Fauzan Haviz adalah ketua DPD PAN Bukittinggi yang sah. Sepanjang putuskan MA tidak dijalankan DPW dan DPP PAN, Fauzan Haviz tetap sebagai ketua DPD PAN Bukittinggi.

Comment