Budaya

Sanggar Seni Permata Hati Meriahkan Malam Minggu Panggung PKPEK 2020 Pauh IX Kuranji

465
×

Sanggar Seni Permata Hati Meriahkan Malam Minggu Panggung PKPEK 2020 Pauh IX Kuranji

Sebarkan artikel ini

PADANG-Sanggar Seni Permata Hati pukau penonton dengan menampilkan Tari piriang baserak di Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif (PKPEK) 2020 di Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kuranji, Sabtu malam (12/9/2020).

Sebelumnya sanggar di bawah asuhan Welfrydha ini juga menampilkan tari pasambahan, tari cewang, tari rantak, tari alang babega, tari tunggal dan tari galuik mangipeh. Selain tari tarian pertunjukan Sanggar ini juga menampilkan biduan Neneng yang tampil memukau di setiap dia tampil.
Meski ditonton banyak orang panitia tetap memperhatikan protokoler kesehatan (Prokes) Covid-19. Hal ini mengingat belakangan penularan virus Covid 19 ini mulai menunjukan pergerakanya.

Ketua FKAN Pauh IX Evi Yandri Rajo Budiman sekaligus pengagas kegiatan ini mengatakan, alek yang tak terlepas dalam melestarikan nilai nilai seni dan budaya yang ada di Sumatra Barat khususnya Kota Padang ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

BACA JUGA  Sekda Sumbar Hansastri Ajak Semua Pihak Lebih Giat Berbagi di Bulan Suci

“Kegiatan ini juga terlepas dalam memperdayakan pelaku seni dan budaya di Sumbar yang selama pandemi Covid-19 terdampak secara ekonomi. Maka melalui kegiatan PKPEK 2020 inilah didukung perekonomian melalui penampilan kesenian tradisi mereka,” ujarnya.

Sementara itu Anggota DPRD Kota Padang Zulhardi Z Latif sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena dapat memberdayakan pelaku seni yang selama Covid-19 ini tidak ada berkeliaran.

“Kita berharap kegiatan ini tetap dipertahankan kedepanya, kalau dapat setiap anggota dewan yang ada di DPRD Sumbar bisa mengelar kegiatan ini di setiap kecamatan yang ada di Kota Padang ini, mereka ada sepuluh orang yang berasal dari dapil Padang setiap mereka meng alokasikan dana pokirnya untuk kegiatan ini tentu akan memberi manfaat bagi para pencinta seni dan budaya yang ada di Sumatra Barat khususnya Kota Padang, ” ujar Zulhardi yang biasa dipanggil buya ini.

BACA JUGA  Gubernur Sumbar Mahyeldi Hadiri Penobatan Rajo Nan Baduo dan Batagak Pangulu Nagari Maek

Tokoh masyarakat Burhasman Bur mengapresiasi, kegiatan Dispar Sumbar yang menggandeng anak nagari Pauh IX, dalam melaksanakan PKPEK 2020 ini.” Kegiatan ini selain memberdayakan pelaku seni dan budaya, sehingga juga melestarikan seni tradisi Minangkabau,” ujar Burhasman Bur, yang juga mantan Kadisdik Sumbar.

Comment