Ekonomi

Pembangunan Rampung, SPAM Palukahan Diserahkan pada Perumdam Kota Padang

97
×

Pembangunan Rampung, SPAM Palukahan Diserahkan pada Perumdam Kota Padang

Sebarkan artikel ini
FOTO: Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menandatangani serah kelola SPAM Palukahan dari BPPW Sumbar pada Perumda Air Minum Kota Padang, Kamis (10/9) di Palukahan, Kota Padang.ist

PADANG – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang mendapatkan tambahan pasokan air sebanyak 100 liter/detik. Dengan jumlah itu, maka Perumda Air Minum Kota Padang dapat meningkatkan layanan hingga 8.000 sambungan rumah baru.

Penambahan produksi tersebut setelah ditandai dengan serah kelola Sistem Penyediaan Air Minum yang dibangun Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumbar kepada Pemko Padang melalui Perumda Air Minum Kota Padang, Kamis (10/9) di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Palukahan, Koto Tangah.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumbar, Syafrianti mangatakan penyerahan kelola tersebut agar fasilitas yang dibangun dengan dana APBD 2019 tersebut dapat dimanfaatkan segera. Menyusul penyerahan aset dengan hibah, karena sedang proses adiminitrasi.

BACA JUGA  Kadin Sumbar Diminta jadi Katalisator Perekonomian Daerah

“Sekarang kita serahkan untuk pengelolaan, untuk hibah asetnya menyusul,”sebut Syafrianti.

Dikatannya, selaku Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sumbar akan mendukung pemerintah daerah untuk memenuhi tiga kebutuhan dasar. Yakni, air minum sanitasi dan kawasan kumuh. Dengan itu, BPPW Sumbar berupaya mensuport Kota Padang untuk memenuhi kebutuhan tersebut, terutama air minum.

Khusus untuk IPA Palukahan, membutuhkan anggaran sekitar Rp36 miliar terkontrak. Kegiatannya membangun semua fasilitas untuk pengolahan air. Yakni, proses air baku sampai menjadi air siap minum. Semua fasilitas dan alat-alat termasuk reservoar sampai nantinya disalurkan ke pipa yang dikelola Perumda.

Sebelumnya, BPPW Sumbar juga sudah membangunan SPAM dengan kapasitas yang sama. Dengan bangunan IPA nyaris bersebelahan. Untuk itu dua IPA tersebut bisa menambah sambungan rumah baru untuk 16 ribu rumah.

BACA JUGA   PKL  Lega Peralatan Dagangannya Dikembalikan Satpol PP 

“Kami harap Kota Padang dapat memanfaatkan dengan baik, jika sambungan rumah 8.000 itu sudah dipenuhi maka kami bisa perjuangkan tambahan anggaran lainnya,”ujarnya.

Sementara, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengaku berterimakasih dengan dukungan dari BPPW Sumbar. Sehingga dapat meningkatkan layanan air minum di Kota Padang.

Dalam kesempatan itu, Mahyeldi juga berharap BPPW Sumbar dapat mendukung Kota Padang dengan revitalisasi pipa-pipa PDAM yang sudah lama. Terutama pipa peninggalan zaman Belanda.

Comment