Ekonomi

Usaha ‘Remuk’ Karena Covid-19, UMKM Butuh Stimulus Permodalan

211
×

Usaha ‘Remuk’ Karena Covid-19, UMKM Butuh Stimulus Permodalan

Sebarkan artikel ini
Ketua APINDO Sumbar, Muzkir Aziz saat memberikan keterangan, Selasa (7/7).ist

PADANG – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian di Sumbar. Untuk itu agar UMKM dapat bangkit setelah terpukul Pandemi Covid-19 harus stimulus yang pasti dari pemerintah.

Hendaknya apa yang dijanjikan pemerintah untuk memberikan suntikan modal serta merelaksasi UMKM dapat dilakukan dengan cepat. Sehingga UMKM juga kembali bangkit dengan cepat.

Dunia usaha/industri di Sumbar 99 persen merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Namun di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini berujung pada pemberlakuan tatanan hidup baru atau new normal, sektor UMKM berharap agar pemerintah memberikan perhatian lebih.

Hal itu disampaikan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sumbar Muzakir Aziz kepada wartawan, Selasa (7/7/2020). Menurutnya, pemerintah mesti manyadari sepenuhnya bahwa selama ini UMKM telah menjadi penopang utama perekonomian di Sumbar dan Indonesia pada umumnya.

BACA JUGA  Dinilai Paham Nasib Nelayan, Warga Pasie Nan Tigo Padang Titipkan Harapan pada NA-IC

Disebutkannya, di Sumbar usaha masyarakat mencapai 99 persen adalah UMKM. Jumlah itu berkontribusi sebesar 60,3 persen dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Selain itu, UMKM juga menyerap 97 persen dari total tenaga kerja dan 99 persen dari total lapangan kerja. Namun, di tengah pandemi covid-19 yang terjadi saat ini pelaku UMKM tengah menghadapi tekanan yang amat berat. Karena mereka tidak bisa melakukan aktivitas ekonomi sebagaimana mestinya.

“Kita mengapresiasi pemerintah yang sejauh ini telah memberikan stimulus ekonomi berupa relaksasi pajak, stimulus nonpajak, dan stimulus sektor keuangan untuk dunia usaha. Namun setelah new normal ini patut disadari bahwa tidak semua sektor usaha punya modal kerja untuk memulai kembali usahanya,” sebut Muzakir.

BACA JUGA  Sumbar Menuju Industri Halal , Sertifikat bagi UMKM Penting

Oleh karena itu, Muzakir berharap agar pemerintah turun tangan untuk merealisasikan stimulus permodalan tersebut. Seperti, mendorong perbankan mempercepat penyaluran kredit modal kerja, tidak mensyaratkan agunan tambahan sebagaimana diintruksikan Kemenkop UKM, hingga perbankan yang datang menjemput bola ke UMKM itu sendiri.

Comment