Budaya

MUI Sumbar Keluarkan Bayan, Zona Hijau Pemerintah Wajib Fasilitasi Salat Ied

275
×

MUI Sumbar Keluarkan Bayan, Zona Hijau Pemerintah Wajib Fasilitasi Salat Ied

Sebarkan artikel ini
Ketua MUI Sumbar, Buya Gusrizal Gazahar, Lc.,M.Ag.

PADANG – Bagi umat muslim yang akan menyelenggarakan salat Idul Fitri 1441 H dalam masa wabah covid-19, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar mengeluarkan penjelasan.

“Ini arahan MUI Sumatera Barat harap dibaca secara utuh dan kawallah emosional dengan keilmuan serta jagalah dengan adab,”sebut Ketua MUI Sumbar, Buya Gusrizal Gazahar memulainya.

Penjelasan atau Bayan yang dikeluarkan MUI Sumbar dengan Nomor: 001/MUI-SB/V/2020.

Bayan itu berisikan dengan rincian, pertama penyelenggaraan Idul Fitri 1441 H di Sumatra Barat tetap tidak keluar dari ketentuan-ketentuan Maklumat MUI Sumbar Nomor: 007/MUI-SB/IV/2020

Dimana harus ‘Udzur syar’i, untuk tidak melakukan ibadah sholat berjamaah baik di lapangan maupun di masjid, masih tetap ada karena mengingat perkembangan penularan Covid-19 di Sumatera Barat.

BACA JUGA  Warga Lapau Manggih Goro Mematok Jalan Lingkungan yang Terban

Bagi daerah-daerah yang tidak terdapat anggota masyarakat positif tertular Covid-19 atau telah menunjukkan terkendalinya penularan wabah Covid-19, maka sholat Idul Fitri bisa ditunaikan selama ada jaminan dan pengawasan dari pemerintah setempat yang memberikan fasilitas kepada umat untuk menunaikan ibadah sehingga tidak menghantarkan diri mereka ke dalam kebinasaan.

“Sebagaimana firman Allah swt:
… وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ…
“….dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan…..”. (QS. Al-Baqarah 2:195)
c) Apabila tidak ada jaminan tersebut, maka MUI Sumbar tidak merekomendasikan penyelenggaraan sholat Idul Fitri 1441 H secara berjamaah di lapangan maupun di masjid,”jelasnya.

Kedua, pemerintah daerah berkewajiban memfasilitasi kaum muslimin untuk menjalankan ibadah yang menjadi syi’ar agama Islam. Harus berusaha semaksimal mungkin untuk melindungi umat dari penularan wabah Covid-19 pada daerah-daerah yang terkendali dengan bersama-sama menggerakkan masyarakat untuk melakukan karantina terhadap wilayah mereka. Kewajiban ini adalah amanah dari Allah swt dan Konstitusi Negara Republik Indonesia.

BACA JUGA  Cerdas Quran Sumbar Sukses, SMP IT Almadhani dan SD IT Mutiara tampil Juara

Ketiga Kepada umat Islam di Sumatera Barat, bahwa dalam pelaksanaan ibadah berjamaah yang berpotensi untuk mengumpulkan orang banyak, termasuk untuk pelaksanaan sholat Idul fitri, agar memperhatikan syarat-syaratnya.

Comment