Pariwisata

Tinjau Lokasi Banjir Bandang Malalo, Gubernur Beserta Istri Salurkan Bantuan

130
×

Tinjau Lokasi Banjir Bandang Malalo, Gubernur Beserta Istri Salurkan Bantuan

Sebarkan artikel ini

TANAHDATAR – Gubernur Sumatera Barat Prof. Irwan Prayitno bersama istri yang juga adalah anggota DPR RI, hadir di tengah – tengah masyarakat Jorong Tanjuang Sawah Padang Laweh Malalo, yang tertimpa musibah banjir bandang Minggu (19-01-2020). Selain meninjau lokasi gubernur juga menyerahkan bantuan untuk korban banjir bandang dan longsor.

Kehadiran Gubernur beserta istri dan SKPD terkait, menjadi penyejuk dan pengobat duka masyarakat yang tertimpa bencana. Hujan deras dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Kamis (16/1) malam hingga Jumat (17/1) dini hari mengakibatkan terjadinya banjir bandang dan longsor mengakibatkan dua unit rumah warga hanyut. Tercatat 1 luka ringan atas nama Kenzo (2 tahun), 6 bangunan rusak berat, 1 rusak sedang dan 3 rusak ringan, serta 8 KK mengungsi.

“Saya cukup prihatin melihat kondisi masyarakat disini, banyak yang tinggal di lereng perbukitan. Kita berharap dengan kejadian ini pemerintah bisa segera merelokasi warga untuk pindah ke tempat aman,” ucap Irwan.

Ia menjelaskan, struktur wilayah Sumbar sangat rawan terhadap banjir dan longsor. Apalagi saat ini cuaca eksrem sering melanda Sumbar dengan curah hujan tinggi, sehingga bencana itu sering terjadi di kabupaten dan kota.

“Musibah ini tidak hanya dirasakan warga setempat tetapi ini adalah musibah bagi Sumbar. Untuk itu kami hadir disini, agar warga disini bisa berbagi duka,” kata gubernur.

Walaupun tidak ada korban jiwa namun ada kerugian materi berupa bangunan rumah, kendaraan dan ternak menjadi sasaran air bah disertai batu-batu besar, kayu dan lumpur, terlebih lagi rasa trauma masih menghantui warga sekitar.

BACA JUGA  Produk UMKM Masyarakat Nagari Padang Gantiang Ramaikan Stand Festival Pesona Nagari Tuan Khadi

Sebagai bentuk duka masyarakat pemerintah provinsi Sumbar menyerahkan bantuan sebesar Rp250 juta, bantuan dari Baznas sebesar Rp50 juta, dari Dinas Pangan Sumbar menyerahkan bantuan berupa logistik dan Dinas Sosial Sumbar juga menyerahkan bantuan kasur busa, karpet dan beberapa makanan siap saji.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh gubernur Sumbar pada Walinagari Padang Laweh Malalo, dengan harapan bantuan ini bisa disalurkan pada masyarakat yang membutuhkan.

Comment