Ekonomi

Ketika Edriana Bertemu Menkop UKM RI, UMKM Sumbar Harus Go Internasional

165
×

Ketika Edriana Bertemu Menkop UKM RI, UMKM Sumbar Harus Go Internasional

Sebarkan artikel ini
Edriana di ruang kerja Menkop UKM, Teten Masduki mendikusikan mendorong UMKM Sumbar untuk go internasional.ist

PADANG – Upaya tokoh perempuan Sumbar, Edriana untuk mengangkat kehidupan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) terus terlihat. Edriana temui Menkop UKM RI, Teten Masduki guna mendorong perhatian kementrian itu pada Sumbar.

Lewat diskusi hangat, Mantan Juru Bicara Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi), Edriana, bersama Menkop UKM, Teten Masduki akhirnya sepakat, pentingnya memajukan UMKM di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

“Kami mendiskusikan bagaimana agar di Sumbar terdapat outlet-outlet bagi produk-produk UMKM yang berstandar Internasional,” ujar Edriana usai bertemu dengan Teten Masduki di ruang kerjanya.

Aktivis perempuan itu menambahkan, hadirnya outlet-outlet tersebut terutama untuk produk makanan dan fashion. Karena produk makanan dan fashion, paling diminati konsumen baik di Sumbar maupun di daerah lain, dan bahkan luar negeri.

BACA JUGA  Bank Indonesia Laksanakan Layanan Kas Keliling Bersama TNI AL 

“Sumatera Barat juga sangat terkenal dengan produk UMKM yang sesuai dengan karakter daerah. Dengan ditetapkannya Sumatera Barat sebagai salah satu tujuan destinasi wisata halal. Tentu produk UMKM halal di daerah ini harusnya juga menjadi sangat terkenal. Jangan sampai wisata dan produk halal di daerah ini, hanya didominasi oleh Malaysia, dan negara-negara di Timur Tengah,” harap Edriana yang juga Director Women Research Institute ini.

Bahkan, ungkap Edriana, negara-negara seperti Thailand dan Korea Selatan juga sudah dengan gencar memasarkan produk-produk halal mereka. “Jangan sampai malahan orang-orang Sumbar pada khususnya dan orang-orang Indonesia pada umumnya yang berwisata kuliner ke negara-negara tersebut,” ungkap Edriana.

BACA JUGA  Pemprov Sumbar Maksimalkan Potensi untuk Capai Pertumbuhan Ekonomi seperti Sebelum Covid-19

Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki menyambut baik ide-ide yang disampaikan Edriana. Menurut Teten, untuk meningkatkan mutu produk dan layanan agar sesuai dengan permintaan internasional, pemerintah nasional dan daerah, pihaknya perlu memberikan pendampingan.

“Pendampingan yang intensif dibutuhkan agar UMKM di Sumbar bisa meningkatkan dan menjaga mutu produk dan jasa, mengembangkan inovasi dan desain, membuat kemasan yang menarik dan melakukan pemasaran, termasuk pemasaran secara digital,” ujar Teten.

Comment