Umum

HUT Kota Solok ke-49,Wagub Sumbar Serahkan WBTb Indonesia 

232
×

HUT Kota Solok ke-49,Wagub Sumbar Serahkan WBTb Indonesia 

Sebarkan artikel ini

SOLOK — Perayaan Hari Jadi Kota Solok ke-49 “Baralek Gadang” atau pesta besar. Kota yang berjuluk Kota Beras Serambi Madinah mengadakan Pawai “Arak Bako” atau keluarga pihak ayah yang mengelilingi Kota Solok, Minggu (15/12/2019).

Acara sangat meriah dengan bunyi talempong, tambur gendang, suling mengiringi ratusan Bundo Kanduang berarak-arak membawa jamba untuk makan “bajamba” menggunakan Baju kuruang Basiba dari 13 Kelurahan dan juga diikuti oleh beberapa instansi lainnya.

Pada Hari jadi Kota Solok tersebut, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit Datuak Malintang Panai, berkesempatan menyerahkan sertifikat Warisan Budaya Tak benda “Arak Bako” di Halaman Rumah Gadang Siti Rasidah Kota Solok.

BACA JUGA  Ratusan Warga Tumpah Ruah Ikuti Jalan Santai Gebyar LPM Korong Gadang 

Wagub Sumbar mengatakan, masuknya budaya “Arak Bako” ke dalam Warisan Budaya Tak benda (WBTb) Indonesia, merupakan prestasi anak daerah yang selalu berkewajiban untuk mempertahankan dan melestarikan Warisan Budaya.

“Kita sangat berterima kasih pada Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada tahun 2019 ini ditetapkan 13 karya budaya dari Provinsi Sumatera Barat sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia. Salah satu diantara karya budaya tersebut berasal dari Kota Solok yakni Arak Babako,” kata Wagub Sumbar.

“Kekayaan budaya ini perlu kita trasformasikan kepada generasi muda sebagai pewaris budaya di masa depan, agar tidak hilang dikemudian hari,” ucapnya.

Wagub berharap semoga kedepan semakin banyak karya budaya dari Kota Solok masuk dalam usulan WBTb Indonesia, bahkan sehingga sampai tingkat dunia seperti Pencak Silat yang baru saja ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Dunia di di Bogota, Columbia
Kamis 12 Desember 2019 kemarin.

BACA JUGA  Antisipasi Virus Corona, Dinkes Lantamal II Padang Ukur Suhu Tubuh Pandeka Lauik Sati 

“Alhamdulillah, ini suatu kebanggaan bagi kita semua, semoga kita bisa memotivasi, agar terus lestarikan dan menjaga budaya kita,” ujar Nasrul Abit.

Selain itu Nasrul Abit juga memberikan apresiasi terhadap pemerintah Kota Solok pada usia yang ke-49 ini telah banyak meraih prestasi, diantaranya Kota Sehat, WTP, Kota Innovatif dan lainnya.

Comment