Peristiwa

Pasca Kerusuhan Wamena 50 Perantau Minang Dipulangkan dengan Haru lewat BIM

113
×

Pasca Kerusuhan Wamena 50 Perantau Minang Dipulangkan dengan Haru lewat BIM

Sebarkan artikel ini

PADANG — Sebanyak 50 orang perantau Minangkabau selamat sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sekitar pukul 20.50 WIB dengan menggunakan pesawat Batik Air, Kamis (03/10/19).

Kedatangan perantau Minang tersebut disambut Haru  Kabiro Bina Mental dan Kesra Sumbar Syaifullah dan Kepala Dinas Sosial Jumaidi, Dinas Pemberdayaan Perempuan Biro Kerjasama Rantau dan beberapa tenagan PMI Sumbar.

Kepulangan para perantau ini tidak lepas dari kerja keras Pemprov Sumbar melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar, sehingga ribuan perantau Minang bisa kembali ke kampung halamannya.

“Selamat datang kembali ke kampung halaman, kita semua adalah bersaudara, apa yang terjadi di Wamena adalah musibah kita semua, mudah-mudahan kedatangan saudara bisa menjadi obat rindu di kampung halaman,” kata Syaifullah.

BACA JUGA  Tinjau Kondisi Warga, Mahyeldi Imbau Warga Sumbar Agar Tetap Waspada

Kepulangan perantau Minang tersebut, merupakan masyarakat Sumbar yang selama ini tinggal di daerah Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Yang sebelumnya terjadi kerusuhan, mengakibatkan 10 orang perantau Minang meninggal dunia.

Menurut Syaifullah, kejadian itu membuat perantau asal Sumbar di Wamena mengalami trauma, sehingga banyak yang berkeinginan pulang ke tanah asalnya.

“Kepulangan perantau Minang asal Wamena ini semuanya ditanggung oleh bantuan dari ‘Sumbar Peduli Sesama’, untuk hari ini ada sekitar 187 orang, tahap pertama yang barusan datang ada 50 orang dan yang ke dua nanti 137 orang menggunakan pesawat Papua Ekspres Air, diperkirakan kedatangannya sekitar pukul 01.50 WIB dini hari,” jelas Syaiful lah.

BACA JUGA  Mahyeldi Tinjau Kesiapan Layanan, RSUD dr Rasidin Kekurangan Tenaga Medis

Selanjutnya Kepala Biro Bintal dan Kesra Sumbar menyerahkan bantuan uang saku kepada pengungsi Wamena sebesar Rp. 40.000.000 dengan rincian dewasa 30 orang masing-masing Rp. 1.000.000 dan anak-anak 20 orang masing-masing sebesar Rp. 500.000.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Jayawijaya Zulkifli mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumbar yang telah berupaya membawa mereka ke Sumbar.

“Kami sangat berterima kasih sekali pada pemprov Sumbar yang bisa membawa kami ke kampung halaman, semoga Allah membalas kebaikan ini, Aamiin,” ujarnya.

Comment