Umum

Buka Rakor, Wagub Sumbar Minta Realisasi Dana Desa Tepat Sasaran 

214
×

Buka Rakor, Wagub Sumbar Minta Realisasi Dana Desa Tepat Sasaran 

Sebarkan artikel ini

PADANG — Pemprov Sumbar tetap berupaya dana desa semakin berpihak pada masyarakat miskin. Selain itu, regulasi yang disusun dapat menghasilkan sistem pengelolaan dana yang efektif, efisien dan akuntabel. Sehingga tujuan pemerintahan melalui pengalokasian dana desa dapat terwujud.

Program Inovasi Desa dapat memberikan kemudahan pelayanan masyarakat, agar pemanfaatan dana desa tepat sasaran dan tepat guna bagi pembangunan masyarakat di desa.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. H. Nasrul Abit Dt. Malintang Panai pada acara Rapat Koordinasi Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi Sumatera Barat 2019 dengan tema “Optimalisasi Pengawasan Untuk Mewujudkan Kualitas Penggunaan Dana Desa Menuju Sumatera Barat Unggul” di Hotel Rocky Bukittinggi, Selasa (3/9/2019).

BACA JUGA  Danlantamal II Padang Lepas Tim Eksepedisi Pelayanan Kas Bank Indonesia 

“Rakor ini merupakan momentum dalam peningkatan menindaklanjuti program keberhasilan desa. Pemerintah mengharapkan para pendamping membantu pemerintah desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa,” kata Nasrul Abit.

Walinagari atau kepala Desa merupakan ujung tombak pembangunan daerah dan menyikapi berbagai perkembangan kemajuan yang terjadi saat ini, diharapkan setiap walinagari dan kepala desa untuk membuat inovasi terobosan dalam meningkatkan pelayanan penyelenggaraan pemerintahan kepada masyarakat.

“Tugas Walinagari sangat berat, apalagi dana desa yang dikucurkan Pemerintah sangat besar dan tiap tahun nilainya selalu bertambah membuat ini perlu pemahaman dalam pengelolaannya,” ucap Wagub Sumbar.

Tugas perangkat desa tugas semua pihak, apalagi pemerintah menggelontorkan Dana Desa cukup besar jumlahnya yang langsung ditransfer ke Kabupaten, dana desa ini harus dipertanggungjawabkan, maka dalam penggunaannya harus direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi serta diawasi secara intensif.

BACA JUGA  Belasan Miliar APBD Telah Digelontorkan, Namun Bau Sampah Masih Menyengat 

“Hal ini merupakan suatu tantangan yang cukup berat pula bagi kita semua, untuk itu diperlukan kerjasama semua pihak terkait seperti dengan Tenaga Ahli Inovasi Desa, Tenaga Ahli Profesional Pendamping Desa dan stakeholder lainnya,” ujarnya.

Comment