Budaya

Gubernur Sumbar Upayakan Warisan Dunia TRHS Keluar dari Status Bahaya

153
×

Gubernur Sumbar Upayakan Warisan Dunia TRHS Keluar dari Status Bahaya

Sebarkan artikel ini

Terkait dengan adanya rencana pembangunan jalan yang membelah kawasan khusus TNKS makin memperparah kondisinya. Bila ini terjadi, TNKS bisa dihapus dari daftar Situs Warisan Dunia. Menurut Irwan Prayitno, rencana pembangunan jalan yang membelah TNKS harus dikaji kembali.

Jenderal Konservasi Alam Sumber Daya Alam dan Ekositem (Dirjen KSDAE) Ir. Wiratno, M.Sc juga menyampaikan, bahwa pemerintah terus berupaya mengeluarkan TRHS dari status bahaya. Pemerintah juga berupaya memaksimalkan pemanfaatan TRHS untuk kesejahteraan masyarakat.

Wiratno mengemukakan, rencana pembangunan jalan bukanlah solusi. Yang dibutuhkan masyarakat Sumbar adalah lahan milik rakyat, bila rencana pembangunan jalan direalisasikan bakal memperburuk kondisi.

“Tentunya masyarakat akan saling rebutan lahan dengan menggunakan pihak swasta, ini bisa menciptakan konflik dan kekacauan sosial,” ujar Wiratno.

BACA JUGA  Halalbihalal Gebu Minang Jatim Sukses, Pengurus Masa Bakhti 2019-2024 Dikukuhkan

“Jangan sampai warisan dunia di salah satu tanah Sumatera menjadi punah,” tegasnya.

Selanjutnya dilaksanakan penanda tanganan Komitmen Bersama dalam Penguatan Komitmen dan Dukungan Terhadap Pelestarian Hayati Kawasan Wilayah Alam Dunia dalam upaya mengeluarkan TRHS dari kategori warisan dunia dalam bahaya. (rel/rjk)

 

 

Comment