Umum

Hari Adhyaksa ke 59, BWSS bersama Kejati Sumbar Gelar Aksi Bersih Danau Cimpago

306
×

Hari Adhyaksa ke 59, BWSS bersama Kejati Sumbar Gelar Aksi Bersih Danau Cimpago

Sebarkan artikel ini
Kepala BWSS V, Maryadi Utama, ST, M.Si bersama Kajati Sumbar, Priyanto dan stakeholder gelar aksi bersih Danau Cimpago, Jumat pagi (12/7).ist

PADANG – Menghadapi ancaman bencana akibat cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini, Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V telah menyiapkan berbagai antisipasi, untuk menghadapi bencana akibat curah hujan. Salahsatunya dengan menjaga lingkungan dari sampah, yang bisa menyebabkan banjir.

Melalui momen peringatan Hari Adhyaksa ke-59 dan Hari Dharmakarini, BWSS V berkolaborasi dengan Kejaksaan Tinggi Sumbar, membersihkan sampah di Danau Cimpago melalui Gerakan Indonesia Bersih dan Aksi Bersih Danau Cimpago, Jumat pagi (12/7/2019). Gerakan ini melibatkan Dinas PSDA Provinsi Sumbar, Bappeda Provinsi Sumbar, seluruh Balai di lingkungan Kementerian PUPR.

Juga ikut terlibat PT Semen Padang, BNI, PT Kunango Jantan Dandim 0312 Padang, POlresta, Pemko Padang, camat, lurah dan penggiat lingkungan komunitas peduli sungai se-Kota Padang.

BACA JUGA  Kebut Pelayanan Vaksin, Nakes Lantamal II dengan Melayani Berbagai Komponen

Kepala BWSS V, Maryadi Utama, ST, M.Si mengatakan, Danau Cimpago, di Kota Padang, merupakan sistem pengendali banjir yang terdiri dari saluran drainase kota (Drainase Purus), kolam retensi, pintu air, yang dikendalikan sebagai satu kesatuan pengelolaan.

“Dengan sistem ini, maka lokasi rawan banjir akan dibatasi dengan jelas. Sehingga evalasi muka air, debit dan volume air yang harus dikeluarkan dari sistem dapat dikendalikan,” ujar Maryadi saat membuka kegiatan .

Bangunan sistem pengendali banjir ini dapat menahan laju air pasang dari laut dan debit banjir, dari kanal banjir, agar tidak masuk ke dalam drainase dan membanjiri pemukiman.

Karena begitu poentingnya polder Danau Cimpago ini, BWSS V mengajak Pemko Padang, akademisi dan warga yang tinggal di sekeliling polder Danau Cimpago, untuk menjaga dan merawat bangunan pengendali banjir ini.

BACA JUGA  Babinpotmar Lantamal II Bersinergi Mengajak Masyarakat untuk Mengikuti Vaksinasi

“Kita semua dan setiap warga, pengunjung dan pedagang, agar tidak membuang sampah ke polder. Namun bersama-sama menjaga kebersihan polder ini,” ajak Maryadi.

Pada kesempatan itu, BWSS V juga menyosialisasikan bagaimana menangkap air hujan dengan tumpah IPAH (Instalasi Pemanenan Air HUjan). Caranya dengan mengumpulkan dan menyimpan air hujan dari atap rumah, gedung dan di permukaan tanah pada saat hujan.

Comment