Budaya

Area Bekas Tambang Batubara Ombilin jadi Warisan Budaya Dunia, Jangan ada Lagi Aktifitas Penambangan di Kawasan Itu

247
×

Area Bekas Tambang Batubara Ombilin jadi Warisan Budaya Dunia, Jangan ada Lagi Aktifitas Penambangan di Kawasan Itu

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno didampingi Kepala Biro Humas Sumbar, Jasman saat wawancara dengan awak media terkait ditetapkannya Tambang Batubara Ombilin, Sawahlunto menjadi warisan budaya dunia, Senin (8/7).ist

PADANG – Sumbar berhasil menjadikan pertambangan batu bara zaman kolonial Ombilin di Sawahlunto atau “Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto”, sebagai warisan budaya dunia. Kabar buruknya, kawasan yang sudah ditetapkan warisan budaya dunia tidak dapat lagi dilakukan penambangan.

Dengan penetapan itu, maka keberadaan warisan dunia itu tidak hanya diakui secara internasional. Namun juga akan mendapatkan perhatian warna dunia. Bahkan, UNESCO selaku lembaga yang berada langsung dibawah PBB akan berkontribusi pada warisan tersebut.

“Bukan minusnya sih, tapi dampak lainnya setelah penetapan ini. Kawasan yang sudah ditetapkan tidak boleh lagi dilakukan penambangan,”ungkap Gubernur Irwan Prayitno Senin (8/7) di Istana Gubernuran Sumbar.

BACA JUGA  Bundo Kanduang Pauh IX Gelar Turun Mandi Anak, Irwan Basir: Peranan 4 Pilar dalam Nagari Penting

Dengan itu, menurutnya jika ada potensi tambang pada lokasi itu jelas tidak dapat dilakukan penambangan. Karena bisa saja berdampak pada pencabutan status.

“Saya sempat bicara dengan Wakil Walikota Sawahlunto, diakuinya dengan penambangan batu bara cukup meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sawahlunto. Karena rata-rata adalah tambang rakyat,”ungkapnya.

Hanya saja, penambangan itu pada umumnya tidak berada pada kawasan yang ditetapkan warisan budaya dunia. Dengan itu, penetapan kawasan warisan budaya dunia dengan aktifitas tambang tidak berbenturan.

“Untang saja aktifitas tambang yang ada arah timur, berbatasan dengan Kabupaten Sijunjung,”katanya.

Sebelumnya, pertambangan batu bara zaman kolonial Ombilin di Sawahlunto atau “Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto”, Sumatera Barat, ditetapkan sebagai warisan budaya dunia dalam sesi Sidang ke-43 Komite Warisan Dunia UNESCO PBB di Gedung Pusat Kongres Baku di Baku, Azerbaijan.

BACA JUGA  Lantamal II Gelar Gerak Jalan Santai dan Kerja Bhakti

Ini merupakan warisan budaya dunia kelima yang dimiliki oleh Indonesia. Empat warisan dunia lainnya kategori alam yakni Taman Nasional Komodo (1991), Taman Nasional Lorentz (1999), Hutan Tropis Sumatera (2004), dan Taman Nasional Ujung Kulon (1991). Kemudian empat warisan dunia kategori budaya, yaitu Candi Borobudur (1991), Candi Prambanan (1991), Situs Sangiran ( 1996), sistem Subak di Bali (2012).

Comment