Hukum

Penyalahgunaan Narkoba Berdampak Buruk bagi Pemuda

148
×

Penyalahgunaan Narkoba Berdampak Buruk bagi Pemuda

Sebarkan artikel ini

PADANG–Semakin maraknya peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat, khususnya pemuda memberikan dampak buruk dan efek ketergantungan terhadap pemakainya.

Sehingga memicu tindakan kriminalitas di tengah-tengah lingkungan sosial, bahkan juga mendorong pergaulan bebas dikalangan pemuda.

Sedangkan HIV Aids merupakan penyakit menular, yang timbul dari penyalahgunaan jarum suntik (Narkoba) serta dari aktivitas hubungan badan pada seseorang yang sering gonta ganti pasangan (bukan pasangan suami istri/pergaulan bebas), dan ini juga merupakan hal yang dapat mengganggu tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan.

Hal itulah yang membuat Pemerintah Sumatra Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar bekerja sama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumbar dan mengandeng Badan Narkotika Nasioanal (BNN) Sumbar menyelenggarakan Diseminasi Bahaya Narkoba dan HIV/AIDS.

BACA JUGA  Bakal Dikirim Ilegal ke Hongkong, Warga Indarung Diamankan Polisi di Gresik Jatim

Kegiatan yang dibuka langsung Plt Kadispora Sumbar, Edwarsyah Ramli tersebut di hadiri oleh ratusan pemuda berbagai organisasi di Sumatra Barat tersebut dilaksanakan di Gedung Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar, Kamis (20/6/2019).

Edwarsyah Ramli mengatakan, narkoba sudah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat. Berbagai kampanye anti narkoba dan penanggulangan terhadap orang-orang yang ingin sembuh dari ketergantungan narkoba, semakin banyak didengung-dengungkan dan ini merupakan salah satu langkah positif untuk memerangi dan mengurangi penggunaan Narkoba.

“Narkoba juga dapat merusak kesehatan manusia baik secara fisik, emosi, maupun perilaku pemakainya. Data menunjukkan bahwa jumlah pengguna narkoba yang paling banyak adalah kelompok usia remaja,” Ungkapnya.

Hal ini telah terbukti banyak pemuda yang terjaring narkoba padahal remaja merupakan aset berharga bagi bangsa, karena remaja sekarang merupakan pemuda dimasa yang akan datang. “Bangsa ini akan kehilangan remaja yang sangat banyak akibat penyalahgunaan narkoba dan merebaknya HIV/AIDS. Kehilangan remaja sama dengan kehilangan sumber daya manusia bagi bangsa,” terangnya.

BACA JUGA  Kasus Pengusiran Wartawan, Setelah ke Polda Oknum Pemprov Sumbar Dilaporkan ke Ombudsman Sumbar

Comment